Selamat Datang Di Pondok Tnur
sperky, prstene
Posted by PONDOK TNUR - - 2 komentar


Para Bunda-bunda yang sangat mengharapkan kehadiran sang buah hati pasti sangat gregetan untuk segera hamil dan melahirkan. Saya adalah salah satu calon ibu yang sangat menantikan itu semua. Diantara teman-teman mungkin saya yang agak ‘telaaat hamil dan telaaat periksa ke dokter’ karena di usia 4thn pernikahan baru serius cari informasi dan konsul  ke dokter, walau saat 2thn pernikahan sempet konsul ke dokter tapi terpaksa terhenti karena kesempatan dan ternyata biaya untuk menjalani konsul dan berbagai tes sangat menguras uang dapur. Kesimpulannya selain kesiapan mental dan waktu kita pun harus siap dengan keuangannya.
Jadi jika anda pasangan sudah menikah, berhubungan normal rutin 2-3 kali seminggu, tidak menggunakan alat kontrasepsi dan sudah lebih dari setahun, maka segera hubungi dokter . Pergi ke dokter menjadi satu pilihan sebelum anda kemana-mana “alternatif ataupun yg lain”. Jadi bila anda bersikukuh untuk terapi secara alami/herbal anda akan lebih mudah mencari terapi/herbal yang tepat sesuai kasus anda.
Hal yang lebih penting lagi adalah kita konsul/memeriksakan ke berbagai dokter minimal tiga dokter, ini untuk referensi perbandingan dan menghilangkan keraguan apabila kita merasa tidak yakin dengan kasus kita. Sehingga tidak buang-buang waktu lagi dengan terapi yang tidak tepat apalagi bila terjadi kesalahan yang fatal.
Salah satu pemeriksaan yang di perlukan yaitu tes USG ( Ultrasonografi ). Kalau anda ke dokter kandungan  insyaAllah ini yg pertama kali dilakukan setelah tanya-tanya, haidnya teratur ngak? Ada keluhan? Pernah hamil atau keguguran, dan lain-lain.
Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan singkatan USG digunakan luas dalam medis. Pelaksanaan prosedur diagnosis atau terapi dapat dilakukan dengan bantuan ultrasonografi (misalnya untuk biopsi atau pengeluaran cairan). Biasanya menggunakan probe yang digenggam yang diletakkan di atas pasien dan digerakkan: gel berair memastikan penyerasian antara pasien dan probe. USG akan membantu melihat kondisi rahim mulai dari bentuk dan apakah ada kelainan misal kista,miom,endo, dan lain-lain.
Sedangkan mengenai biaya USG, ini tergantung kebijakan tiap rumah sakit yang anda datangi. Sebagai perbandingan kalau di RS Islam biaya konsul+USG sebesar 125000 hasil USG tidak di print. Kalau di Klinik dekat rumahku konsul 90000 dan USG 60000 hasil USG di print.
          Karena tidak menggunakan sinar radiasi, jarum suntik, atau pemasukan cairan atau obat ke dalam tubuh, dr Suririnah berpendapat bahwa pemeriksaan USG aman untuk calon ibu dan bayi dalam kandungan. Selama USG digunakan, belum ada kasus yang mengatakan USG menyebabkan masalah pada janin atau kandungan. Namun, dr Suririnah masih menekankan penggunaan USG sebatas pemeriksaan kesehatan atau karena indikasi tertentu yang memerlukan pemeriksaan USG, bukan untuk kesenangan mengambil foto bayi untuk koleksi.
Ø APA SAJA YANG DAPAT DI PERIKSA DENGAN USG?
Konfirmasi kehamilan. Embrio dalam kantung kehamilan dapat dilihat pada awal kehamilan 51/2 minggu dan detak jantung janin biasanya terobsevasi jelas dalam usia 7 minggu.
Mengetahui usia kehamilan. Untuk mengetahui usia kehamilan dapat dengan mengunakan ukuran tubuh fetus—sehingga dapat memperkirakan kapan tanggal persalinan
Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
Ancaman keguguran. Jika terjadi pendarahan vagina awal, USG dapat menilai kesehatan dari fetus. Jika detak jantung janin jelas maka prospek yang baik untuk melanjutkan kehamilan.
Masalah dengan plasenta. USG dapat menilai kondisi plaasenta dan menilai adanya masalah2 seperti plasenta previa dsb.
Kehamilan ganda/ kembar. USG dapat memastikan apakah ada 1 / lebih fetus di rahim.
Mengukur cairan ketuban. Masalah terjadi ketika kandungan berlebihana caira ketuban atau terlalu sedikit. Volume ( jumlah cairan) dapat dinilai/cek dengan USG.
Kelainan letak janin. Bukan saja kelainan letak janin dalam rahim tapi juga banyak kelainan janin yang dapat di ketahui dengan USG, seperti: hidrosefalus, anesefali, sumbing, kelainan jantung, kelainan kromoson (syndrome down), dll.
• Dapat juga untuk menilai jenis kelamin bayi jika anda ingin
Silahkan Bunda segera memeriksakan diri ke dokter semoga ikhtiar dan doa kita untuk segera mendapatkan momongan terkabul dan yang sudah periksa USG dengan disertai terapi konsisten langsung hamil selamat ya bunda…

2 Responses so far.

  1. Silahkan tulis komentar ttg info ini atau share pengalaman ttg USG ini...trims...:)

  2. Sy srg di USG setiap konsul k Dr krn sdg program hamil...doakan ya smg sy cpt hamil...nuhun..

Leave a Reply