Selamat Datang Di Pondok Tnur
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
sperky, prstene
Posted by PONDOK TNUR - - 2 komentar


     
     Kesedihan adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sementara depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang persisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan hariannya. Kesedihan adalah lawan dari kebahagiaan atau kegembiraan dan serupa dengan dukacita atau kesengsaraan.
     Kalau boleh memilih, pasti banyak sekali manusia yang hanya mau kebahagiaan, dan membuang kesedihan. Sayangnya, sebagaimana alam yang mengenal siklus, kehidupan manusia pun mengenal siklus. Kesedihan dan kebahagiaan adalah salah satu dari banyak siklus yang harus kita lalui.
     Tidak ada kehidupan yang tidak diwarnai oleh kesedihan. Diundang maupun tidak, ia akan senantiasa datang. Banyak kejadian bahkan terbukti, semakin ia dibenci dan ditakuti, semakin ia senang dan rajin berkunjung ke diri kita. Maka, sengsaralah hidup mereka yang membenci kesedihan.
     Persoalannya adalah, punyakah kita cukup keberanian dan kesabaran untuk berpelukan mesra dengan kesedihan? Nah, inilah sebuah kualitas pribadi yang dimiliki oleh sangat sedikit orang. Untuk menerima kebahagiaan, kita tidak memerlukan terlalu banyak kedewasaan. Akan tetapi, untuk berpelukan mesra dengan kesedihan, diperlukan kearifan dan kedewasaan yang mengagumkan.
     Hipnoterapi bisa membantu Anda mengatasi rasa kehilangan dan kesedihan mendalam akibat ditinggal orang yang Anda cintai. Kesedihan adalah emosi yang alamiah. Kalau Anda sedih karena seseorang telah meninggal, ini adalah indikasi bahwa ada ikatan batin antara Anda dengan orang tersebut. Kesedihan adalah tanda bahwa Anda menyayanginya.
      Umumnya kesedihan akan berkurang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun pada beberapa orang, kesedihan tetap bertahan meskipun peristiwa yang menyebabkannya sudah lama terjadi. Orang yang menderita kesedihan, merasa sangat sedih dan terus teringat dengan peristiwa penyebabnya, seolah-olah peristiwa itu baru saja terjadi.
     Orang yang menderita kesedihan tidak bisa merasakan indahnya hidup, selalu murung, mengurung diri, tidak semangat bekerja, mudah sakit, dan mengalami berbagai masalah fisik atau emosi lainnya. Tidak jarang, banyak penderita kesedihan menjadi pemabuk atau pecandu narkoba. Beberapa gejala lain adalah:
·         Tangisan yang tiba-tiba
·         Merasa sendirian atau kehilangan
·         Kehilangan minat pada aktifitas normal
·         Kesulitan berkonsentrasi dan mengingat
·         Pikiran ingin ikut mati bersama dengan orang yang meninggalkannya
·         Gelisah dan ingin mengunjungi tempat-tempat di mana orang yang meninggalkannya sering pergi
·         Terus menyimpan benda-benda orang yang meninggalkannya
·         Menyalahkan diri atas apa yang terjadi
·         Mudah tersinggung, marah, bahkan mengamuk
·         Merasa perasaannya dingin atau kosong
·         Tidak suka melihat orang lain bahagia
·         Merindukan untuk melihat atau bersama lagi
·         Penyangkalan atas apa yang terjadi
·         Tidak mampu menyelesaikan tugas, bahkan yang sederhana sekalipun
·         Marah pada orang yang meninggalkannya
·         Perasaan yang berubah-ubah dari marah ke perasaan bersalah
·         Merasa seolah-olah orang yang dicintainya hadir (halusinasi)
·         Menjelajah tanpa arah di rumah atau di lingkungan sekitar
·         Kesulitan tidur atau insomnia
·         Kehilangan selera makan atau banyak makan
     Banyak orang yang menderita kesedihan merasa hidupnya sudah berakhir. Bahkan tidak jarang yang mengira dirinya sudah gila karena dia tidak bisa mengendalikan perasaanya sendiri. Apabila Anda mengalami kesedihan yang mendalam sehingga Anda tidak punya semangat hidup seperti dulu. Janganlah berputus asa..! Rokok, alkohol, dan narkoba bukanlah obatnya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bangkit, salah satunya adalah hipnoterapi. 
     Dan yang pasti hal yang terdahsyat untuk mengusir rasa kesedihan adalah ikhlas menjalani smua taqdir yang Allah berikan, ingatlah smua yang ada di dunia ini adalah titipan (suami,istri,anak,harta,jabatan) dan kita hanya punya hak pakai tanpa hak memiliki, smuanya milik 4JJI. Kita harus qonaah dan selalu bersyukur atas titipan ini, sehingga di saat titipan tersebut diambil lagi kita tidak terlalu sedih dan terlarut saat khilangan smuanya…**(berbagai sumber)**

2 Responses so far.

  1. Silahkan tulis komentar ttg info ini atau share pengalaman ttg info ini...trims...:)

  2. Kdg kala kesedihan mhampiri stiap org, mdh2an qt sll terjaga&bangkit lg untuk tersenyum yg pd akhirnya kbahagiaan yg akan diraih...amin.

Leave a Reply